Sunday, March 19, 2017

Software Untuk Mengedit Video

Dalam artikel ini saya akan menyebutkan dan menjelaskan Software apa aja yang digunakan untuk mengedit sebuah Video. Mulai dari yang biasa saya gunakan maupun yang saya ketahui. Saya juga akan menyertakan link untuk mendowload Software tersebut pada nama Software yang saya sebutkan, dan link tersebut akan menuju halaman web resmi Software tersebut. Bukan website untuk mendownload versi bajakan nya.

Berikut macam-macam Software nya:

Pertama kali saya belajar untuk mengedit video memakai Software Vegas Pro. Dulu, nama Software ini adalah Sony Vegas Pro. Tapi nampaknya pihak Sony sudah tidak ada kerjasama dengan Software tersebut, dan nama Sony pun di hapus dan diganti menjadi Vegas Pro. Menurut pengalaman saya sebagai editor video, Software ini sangat mudah untuk dipahami, tidak butuh lama untuk beradaptasi dengan tampilan nya. Belajar dari Youtube, maka kalian akan cepat bisa mengaplikasi kan Software ini. Fitur pada Software ini pun sangat lengkap. Tidak ada yang kurang dari Software ini. Cocok juga untuk pemula yang ingin belajar mengedit video.

Vegas Pro mempunyai banyak versi, seperti:
  1. Vegas Pro 9 (32bit & 64bit)
  2. Vegas Pro 10 (32bit & 64bit)
  3. Vegas Pro 11 (32bit & 64bit)
  4. Vegas Pro 12 (64bit)
  5. Vegas Pro 13 (64bit)
  6. Vegas Pro 14 (64bit)
Kebetulan saat ini saya memakai Vegas Pro 13 untuk melakukan editing video. Banyak video yang saya hasilkan dari Software ini, untuk melihatnya kalian bisa lihat di Channel Youtube saya:
Mencoba Lagi Production 

 Software yang satu ini sudah pasti sangat familiar untuk kalangan editor. Ya, lagi-lagi besutan dari Adobe. Software yang satu ini sudah tidak diragukan lagi dalam fitur mengedit video. Hampir semua editor video memakai Software ini. Saya pun juga memakai Software ini, jadi saya memakai 2 Software dalam mengedit video. Bukan berarti saya menggunakan 2 Software sekaligus ya, hanya 1 yang saya gunakan. Tergantung jenis video yang ada. Dalam pengoperasian Software ini cukup mudah, dan memang butuh waktu untuk bisa menguasai semua fitur yang ada. Yang penting kita selalu belajar saja agar terbiasa dengan semuanya.
Adobe Premiere Pro mempunyai banyak versi, seperti:
  1. Adobe Premiere Pro CS 3 (32bit & 64bit)
  2. Adobe Premiere Pro CS 4 (32bit & 64bit)
  3. Adobe Premiere Pro CS 5 (64bit)
  4. Adobe Premiere Pro CS 6 (64bit)
  5. Adobe Premiere Pro CC (64bit)
Adobe Premiere Pro yang saya gunakan ialah versi CC, karena sudah support dengan Laptop saya. Jika kalian ingin mendownload nya, jangan lupa untuk lihat spesifikasi yang tersedia di Laptop/Komputer kalian.
 Software ini adalah besutan dari Apple.inc jadi untuk pengguna Windows, kalian tidak bisa menggunakan Software ini di Laptop kalian. Para editor Profesional menggunakan Software ini, karena kebanyakan editor memakai produk dari Apple, seperti iMac & Macbook. Saya tidak bisa menjelaskan banyak tentang ini, karena saya tidak memakai produk tersebut. Jika kalian yang memakai produk  Apple silahkan coba Software ini.
Yang terakhir ini adalah besutan dari Windows. Di sesuaikan untuk pemula jika ingin belajar mengedit video. Dulu saya sempat memakai ini, sebelum saya tau apa saja Software untuk mengedit video. Sangatlah mudah untuk memakai Software ini.
Semua Windows support untuk menjalankan Software ini, seperti:
  1. Windows XP
  2. Windows Vista
  3. Windows 7
  4. Windows 8
  5. Windows 10
Silahkan kalian coba jika ingin mencoba Software ini, link sudah saya sediakan di nama Software ini.





Itu saja yang saya bisa jelaskan di dalam artikel ini. Semoga bermanfaat. Dan selamat belajar untuk menjadi seorang Editor Video. Mungkin masih banyak Software untuk mengedit Video. Tapi yang saya gunakan dan yang saya tau hanya Software yang saya sebutkan di atas. Terima Kasih.
 

No comments:

Post a Comment