Sunday, March 19, 2017

Software Untuk Mengedit Foto

Kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian semua Software apa yang biasa saya pakai dan yang saya ketahui untuk mengedit/olah digital sebuah foto.Saya tidak bisa memberi tutorial mengedit pada kesempatan ini. Tetapi saya akan memberi tahu macam-macam Software nya. Mungkin untuk Tutorial akan saya buat di lain kesempatan.

Berikut adalah beberapa Software yang saya akan jelaskan pada artikel ini, silahkan untuk mengklik nama Software tersebut bila ingin mendownload nya. Saya akan memberi link versi ASLI nya. bukan yang Crack.

 
 

 
 Sebenarnya ada banyak versi untuk Software Photoshop ini, tetapi saya memakai versi Photoshop CC karena sesuai dengan Spesifikasi pada Laptop saya, serta ingin upgrade versi. Sebelum nya saya menggunakan Photoshop CS6. Berikut versi-versi Adobe Photoshop yang biasa banyak para Fotografer memakai nya untuk melakukan olah digital:
  1. Adobe Photoshop CS 3 (32bit & 64bit)
  2. Adobe Photoshop CS 4 (32bit & 64bit)
  3. Adobe Photoshop CS 5 (32bit & 64bit)
  4. Adobe Photoshop CS 6 (32bit & 64bit)
  5. Adobe Photoshop CC (64bit)
*CC adalah singkatan dari Creative Cloud

 Silahkan kalian pilih sesuai dengan kemampuan Komputer/Laptop kalian. Semua sama saja, tidak ada kata sulit pada semua versi. Saya pun awal pertama memakai Software besutan dari Adobe ini adalah Photoshop CS 3. 



Sama seperti Software yang pertama, Adobe Lighroom merupakan besutan dari Adobe. Jujur saja, saya tidak memakai Software ini. Tapi tidak ada salahnya jika kalian ingin memakai Software ini. Banyak para Fotografer Profesional yang memakai Software ini. Dengan menghubungkan langsung Kamera ke Laptop saat melakukan pemotretan lalu Software ini akan menampilkan apa yang ada di hadapan lensa kamera. Dengan kata lain sebagai Live View/Monitor.
Berikut versi-versi pada Adobe Photoshop Lightroom:
  1. Adobe Lightroom 3 (32bit & 64bit)
  2. Adobe Lightroom 4 (32bit & 64bit)
  3. Adobe Lightroom 5 (32bit & 64bit)
  4. Adobe Lightroom 6 (32bit & 64bit)
  5. Adobe Lightroom CC (64bit) 


  Untuk Software yang satu ini sebenarnya sudah bawaan jika kita menginstal Windows Office. Sebenarnya tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengedit foto di Software ini. Saya menggunakan nya untuk meresize sebuah foto. Selebihnya saya tidak melakukan apapun. Sebenernya pada Software Photoshop pun kita bisa melakuka resize sebuah foto. Tapi, kalau kita hanya ingin meresize foto saja, tanpa melakukan editing dan ingin membuka Software yang bisa dibilang sangat ringan silahkan pakai Software ini jika tersedia di Laptop atau Komputer kalian masing-masing.




Dan yang terakhir adalah PhotoScape, Software ini cukup ringan untuk sebuah Software olah digital pada foto. Banyak fitur yang disematkan pada Software ini contohnya adalah untuk mengedit sebuah foto ini seperti resizing, brightness and color adjustment, white balance, backlight correction, frames, balloons, mosaic mode, adding text, drawing pictures, cropping, filters, red eye removal, blooming.
Dan masih banyak fitur lain nya.



Sekarang kalian tinggal pilih saja, apa yang cocok menurut kalian. Semua Software yang saya sebutkan diatas ialah yang saya ketahui saja. Mungkin masih ada lagi Software untuk mengedit Foto. Kalau menurut pendapat saya, semua Software untuk mengedit Foto itu mudah untuk dipahami. Tutorial untuk menggunakan nya pun sangat banyak di Youtube. Sekian artikel kali ini. Terima Kasih.







No comments:

Post a Comment